Minggu, 19 Juli 2009

ALAM DIRI

DIRI ADALAH ROHANI YANG BERSENYAWA DENGAN JASMANI DALAM UJUD MAKHLUK NYATA DIMANA ROHANI BERKEADAAN GHAIB DAN JASMANI BERKEADAAN KASAR. DIRI ROHANI BERKEADAAN KEKAL DAN DIRI JASMANI BERKEADAAN BAHARU MAKA YANG DIMAKSUD DENGAN DIRI ADALAH DIRI ROHANI.

DIRI ROHANI ADALAH KENYATAAN ROH ALLAH, CAHAYA ALLAH YANG MEMBAWA KEBENARAN (NUR MUHAMMAD) YANG DITIUPKAN KEPADA LEMBAGA ADAM.

TIADA SEORANGPUN YANG DIRINYA TERTAKLUK KEPADA NAMANYA (NAMA PRIBADI) MELAINKAN SETIAP ORANG ADALAH ROH ALLAH YANG MEMBAWA KESUCIAN DAN KEBENARAN ALLAH, AGAR MANUSIA DAPAT MENJADI SAKSI DAN MENYAKSIKAN ALLAH, AGAR MANUSIA DAPAT MENJADI UTUSAN YANG DAPAT DIPERCAYA (RASUL) UNTUK MEMBAWA KEBENARAN (MUHAMMAD).

DIRI ROHANI TIADA LAIN ADALAH ZAT DIRI YANG PADANYA TERHIMPUN SIFAT YANG MEMBAWA GELAR KEMAMPUAN (ASMA) UNTUK MAMPU BERBUAT (AF'AL)

ZAT DIRI ITU BERASAL DARI DZAT ALLAH YANG MAHA SEMPURNA DENGAN SEGALA SIFAT, ASMA DAN AF'AL.

ZAT DIRI YANG ADA PADA MANUSIA MENJADIKAN MANUSIA ITU MEMILIKI PELUANG UNTUK MAMPU MENGENAL ALLAH-NYA, MAMPU UNTUK MENJADI UTUSAN-NYA (RASUL), WALI-NYA, KALIFAH-NYA, HAMBA-NYA DAN LAIN LAIN KEPANGKATAN ILMU ALLAH.

UNTUK MENCAPAI KEPANGKATAN ILMU ALLAH DIPERLUKAN USAHA (KERJA/IBADAH) YANG DIPERBUAT (AMAL) DENGAN MENENPUH SUATU PROSES PERJALANAN DIRI.

SEJAK DIRI TERLAHIR DARI KANDUNGAN ALAM RAHIM, DIRI ITU SESUNGGUHNYA MASUK KEKANDUNGAN ALAM MENEMPUH LAGI PERJALANAN PANJANG UNTUK MENYEMPURNAKAN DIRI.

ALAM ALAM YANG DILINTASI AKAM MEMBERI WARNA BAGI DIRI MENJADIKAN DIRI SEGAMBAR DENGAN ALAM YANG DILINTASINYA MAKA SIFAT ATAU KARAKTER DIRI SANGAT DIPENGARUHI OLEH ALAM YANG DIADAPTASINYA.

ALAM ALAM YANG MENJADI LINTASAN BATHIN :
1. ALAM RUHIYAH (ALAM RUH) ...... aura bercahaya tanpa warna
2. ALAM SIRIYAH (ALAM RASA/ALAM ILMU) ADA 4 TINGKAT (LAPIS)
2.1. ALAM LAUAMAH ...... pasangannya alam hewan dan hewan melata. aura hitam
2.2. ALAM AMARAH ...... pasangannya alam seruni dan hantu. aura merah
2.3. ALAM SUFIYAH ...... pasangannya alam burung dan hewan terbang. aura kuning
2.4. ALAM MUTMAINAH ..... pasangannya alam alam ikan dan hewan air. aura putih
3. ALAM NURIYAH (ALAM NUR/CAHAYA) ADA 2 TINGKAT (LAPIS)
3.1. ALAM HIDAYAH (PETUNJUK) .... pasangannya alam khayangan/jin. aura panca warna
3.2. ALAM IKHWAT (BIRAHI) ....... pasangannya alam jin aura delapan warna
4. ALAM HULULIYAH (ALAM TUHAN/DZAT) ADA 3 TINGKAT (LAPIS)
4.1. ALAM MALAIKAT ....... pasangannya alam iblis
4.2. ALAM BIDADARI ....... pasangannya alam iblis
4.3. ALAM DZAT TUHAN

KESELURUHAN ADA 10 ALAM YANG DILINTASI OLEH BATHIN DAN SETIAP ALAM YANG DILINTASI AKAN MEMBERI WARNA KARAKTER BAGI BATHIN. PADA SETIAP ALAM BATHIN AKAN BERADAPTASI YANG MENJADIKAN BATHIN SEBAGAI DIRI AKAN BERUBAH UBAH SESUAI DENGAN ALAM YANG MENJADI LINTASANNYA.

YANG MANAKAH BATHIN YANG MENJADI DIRI SEJATI ????????

Rabu, 24 Juni 2009

Menjemput diri

Untuk para pembaca yang ingin lebih mendalami tentang menjemput diri baca selengkapnya

Senin, 15 Juni 2009

DIRI MAKHLUK

KAJIAN
SEGALA CIPTA TUHAN DISEBUT SEBAGAI MAKHLUK YANG MEMILIKI PREDIKAT SEBAGAI SAKSI DARI ADANYA TUHAN ITU SENDIRI. BAHWA KEBERADAAN TUHAN DIYAKINI ADANYA OLEH AKAL FIKIR SELALU MELALUI CIPTAAN TUHAN ITU SENDIRI YANG KITA KENAL SEBAGAI AYAT AYAT (TANDA TANDA) AKAN ADANYA DENGAN SEGALA KEBESARANNYA.

MAKHLUK NYATA DI ALAM DUNIA :
1. BENDANI (MATERI)
2. NABATI (TUMBUHAN)
3. HEWANI (BINATANG)
4. INSANI (MANUSIA)
TUHAN MENCIPTAKAN SESUATU TIADA DENGAN ALAT DAN BAHAN, MELAINKAN DARI DIRINYA SENDIRI DAN OLEH KARENA ITU SETIAP MAKHLUK MEMBAWA SIFAT SIFAT TUHAN. SECARA ANALOGI MAKHLUK DAPAT DIKATAKAN SEBAGAI CAHAYA YANG TERPANCAR DARI SUMBERNYA DIMANA BERKAS BERKAS CAHAYA ITU MEMBAWA ENERGI DENGAN FREKUENSI BERBEDA BEDA. CAHAYA MENJADI SAKSI ATAS SUMBERNYA. ENERGI PADA CAHAYA PASTI KAN BERBEDA TERHADAP SUMBERNYA.

SECARA SYARIAT, CAHAYA MEMILIKI ATURANNYA (HUKUMNYA) SENDIRI DENGAN TIDAK MENINJAU SUMBER. IA BERUPA MODUL MODUL YANG MEMBAWA PAKET PAKET ENERGI.

SECARA HAKIKAT, CAHAYA MERUPAKAN PENERUSAN DARI SANG SUMBER DENGAN HUBUNGAN PROYEKSI SEHINGGA MENAMPAKKAN GAMBARAN SUMBER.

SECARA MAKHRIFAH, CAHAYA DALAM KESATUAN YANG TAK PERNAH TERPISAHKAN DARI SANG SUMBER, DIMANA SUMBER CAHAYA SEBAGAI PUSAT YANG MELIPUTU SEGENAP BERKAS CAHAYA.

Kamis, 12 Maret 2009

STRUKTUR LAMBANG NAMA TUHAN



Pengetahuan dasar yang harus dimiliki dalam meninjau pengertian dasar tentang Diri adalah dengan memahami konsep nama Tuhan " ALLAH" yang mengandung pemahaman akan Dzat, Sifat, Asma dan Af'al sebagai asal-nya Diri. Pengambilan "Sifat" sebagai penghubung untuk memahami keadaan Diri secara hakiki telah umum dipakai oleh para pelaku Thariqat, Kebathinan Islam, dan kelompok aliran lain yang gemar mengkaji Diri.
Kini saatnya bagi sitiap diri sebagai pelaku agama yang awam sekalipun harus memperoleh pengetahuan, ketrampilan dan sikap dalam mengenal diri sebagai dasar membangun Agama dalam diri setiap diri.

Menyebut nama "ALLAH" dalam kalam (perkataan), pastilah fikiran akan mencari tahu gambaran yang akan menjadi sandaran kalam. Sejauh mana fikiran mengembara mencari sandarannya, sejauh itu gambaran akan didapat yang kemudian menjadi pengetahuan dan Pengetahuan yang didapat akan melahirkan Keyakinan dan Keyakinan tidak memiliki standar (patokan) mutlak. Maka tanpa standar mutlak kita tidak dapat perdebatkan apa yang menjadi Keyakinan. Dan ini adalah suatu keyakinan berdasarkan Pengetahuan dari pengembaraan fikiran dengan pelakuan analisa terhadap nilai nilai simbolis agama yang ada tersyariat nyatanya.

Struktur atau susunan nama Tuhan "ALLAH" yang dalam abjad arab terdiri dari Alif, Lam pertama, Lam kedua, dan Ha, ,memiliki kemampuan mengarahkan fikiran dalam membangun struktur pengetahuan yang membangun keyakinan dalam menangkap gejala keghaiban adanya Dzat, Sifat, Asma dan Af'al. Alif melambangkan adanya Dzat, maka pengetahuan di alam fikir harus mampu mencari persaksian akan adanya Dzat. Lam pertama melambangkan Sifat, maka pengetahuan di alam fikir harus mampu mendapatkan persaksian adanya Sifat. Lam kedua melambangkan Asma, maka pengetahuan di alam fikir harus juga mampu mendapatkan persaksian adanya Asma dan Ha, melambangkan Af'al (perbuatan), maka pengetahuan di alam fikiran harus mampu mendapatkan persaksian Af'al.

Nilai nilai persaksian Ketuhanan ada terbentang dalam Diri sebagai ayat ayat (tanda tanda) keadaan dan kebesaran
Diharapkan Struktur pengetahuan nama Tuhan yang tersyariat dalam nilai simbolis (lambang) di kenyataan haruslah membentuk struktur pengetahuan di fikiran dalam wilayah Hakikat sehingga memberikan keyakinan di wilayah pengetahuan Makhrifah.

Rabu, 11 Maret 2009

DIRI SECARA SIFAT

SESUNGGUHNYA DIRI YANG MENJADI DIRI DALAM KE-AKU-AN SETIAP PRIBADI BERADA DALAM KEJUJURAN RASA PERCAYA BAHWA DIA BERASAL DARI ALLAH DZAT YANG MAHA SEMPURNA DENGAN SEGALA SIFAT, ASMA DAN AF'AL YANG BERPANGKAT TUHAN. SUATU HUBUNGAN YANG PALING HAKIKI ANTARA DIRI PRIBADI DENGAN TUHANNYA TELAH ADA SEJAK BERMULA ADANYA DIRI DAN HUBUNGAN ITU BERADA DALAM WILAYAH SIFAT TUHAN ITU SENDIRI. KARENA DIRI BERASAL DARI ASAL NYA DIRI MAKA DIRI TELAH MEMBAWA SIFAT DARI ASALNYA DIRI YAITU KANDUNGAN SIFAT ALLAH ITU SENDIRI.

JIKA KATA " DIRI " HANYA SEBUAH KATA SEBUTAN MAKA YANG DISEBUT " DIRI " TIADA LAIN ADALAH "SIFAT "

JIKA PENGERTIAN "DIRI" DIARTIKAN SAMA DENGAN PENGERTIAN "JIWA" ATAU "SUKMA" YANG MENDEKATI PENGERTIAN "ROH" MAKA SELURUH PENGERTIAN ITU AKAN MENGARAH PADA PENUNJUKAN AKAN KEBERADAAN "SIFAT" SEMATA.

PERHATIKAN SIFAT DASAR YANG MENJADI DIRI YAITU SIFAT ALLAH YANG DIAMANAHKAN KEPADA SETIAP MANUSIA APA DAN SIAPA SAJA DIMANA SIFAT ITU NYATA ADANYA DALAM RASA MAUPUN DALAN LOIGIKA ADALAH :

1. SIFAT HIDUP .................(HAYAT)
2. SIFAT KUASA .................(QODRAT)
3. SIFAT KEHENDAK/KETENTUAN ....(IRADAT)
4. SIFAT PENDENGARAN ...........(SAMAK)
5. SIFAT PENGLIHATAN ...........(BASAR)
6. SIFAT PENGETAHUAN ...........(ILMU)
7. SIFAT PERKATAAN .............(KALAM)

INGAT DAN INGAT ! BAHWA KETUJUH SIFAT DASAR ITU BERKEADAAN GHAIB ADANYA. SETIAP MANUSIA DAPAT MERASAKANNYA NAMUN TERKADANG SULIT UNTUK MENGAKUINYA !
SIFAT DASAR YANG GHAIB ITU BERSEMBUNYI DIBALIK JASAD KASAR (JASMANI) YANG KEMUDIAN MENJADI BATHIN-NYA DIRI YANG MENJADIKAN JASAD (RAGA) MELAKSANAKAN KEGIATAN SEBAGAI KEHIDUPAN BAGI BATHIN ITU DENDIRI.

8. KETUJUH SIFAT ITU DIJELASAKAN DENGAN SIFAT KEADAAN TENTANG "ADA" NYA ....(WUJUD)
9. KETUJUH SIFAT ITU DIJELASKAN DENGAN SIFAT KEADAAN TENTANG "SEDIA" NYA ...(QIDAM)
10. KETUJUH SIFAT ITU DIJELASKAN DENGAN SIFAT KEADAAN TENTANG " KEKAL" NYA ..(BAQO)

MAKA GENAP DAN SEMPURNALAH MANUSIA SECARA SIFAT DASAR YANG DENGAN ITU MANUSIA DIPERCAYA OLEH ALLAH UNTUK MENJADI KHALIFAH DI MUKA BUMI SEBAGAI MEWAKILI DIRI ALLAH SENDIRI SEBAGAI PENCIPTA YANG MEMILIKI SIFAT "MAHA" YAITU :

1. SIFAT MAHA HIDUP .......................(HAYYUN)
2. SIFAT MAHA KUASA .......................(QODIRUN)
3. SIFAT MAHA BERKEHENDAK/MENENTUKAN ......(MURIDUN)
4. SIFAT MAHA PENDENGARAN/MENDENGAR .......(SAMI'UN)
5. SIFAT MAHA PENGLIHATAN/MELIHAT .........(BASYIRUN)
6. SIFAT MAHA PENGETAHUAN/MENGETAHUI ......(ALIMUN)
7. SIFAT MAHA PERKATAAN/BERKATA ...........(QALAMUN)

8. KETUJUH SIFAT ITU DIJELASAKAN DENGAN SIFAT KEADAAN TENTANG "ADA" NYA .....(WUJUD)
9. KETUJUH SIFAT ITU DIJELASKAN DENGAN SIFAT KEADAAN TENTANG "SEDIA" NYA ....(QIDAM)
10. KETUJUH SIFAT ITU DIJELASKAN DENGAN SIFAT KEADAAN TENTANG " KEKAL" NYA ...(BAQO)

11. Ke 7 (tujuh) sifat maha itu dijelaskan dengan Sifat keadaan " Berdiri dengan sendirinya "
12. Ke 7 (tujuh) sifat maha itu dijelaskan dengan sifat keadaan " Berlainan dengan segala yang Baharu "
13. Ke 7 (tujuh) sifat maha itu dijelaskan dengan sifat keadaan " ESA "

MAKA GENAPLAH BILANGAN SIFAT WAJIB BAGI ALLAH YANG DENGAN ITU TERBITLAH "ASMA" YANG MENJADI GELAR KEMAMPUAN BAGI ALLAH UNTUK MENYELENGGARAKAN SEGALA HUKUMNYA YANG TERBENTAG DALAM "AF'AL" NYA.

"SIFAT" MELAHIRKAN "ASMA" DAN ASMA MELAHIRKAN "AF'AL"

LALU DARIMANAKAH TERBITNYA SIFAT, ASMA DAN AF'AL ???
TIADA DISANGKAL BAHWA "DZAT" YANG MENJADI DIRI ALLAH ITULAH SEBAGAI ASAL TERBITNYA SIFAT, ASMA DAN AF'AL !!!

DZAT-----SIFAT-----ASMA------AF'AL
DI DALAM DZAT ADA SIFAT, DI DALAM SIFAT ADA ASMA (GELAR KEMAMPUAN) DAN DI DALAM ASMA ADA AF'AL (PERBUATAN/SUNNATULLAH)

JIKA SIFAT BISA DIKENAL LEWAT RASA YANG TERLOGIKA, APAKAH "DZAT" JUGA DAPAT DIRASA DAN MEMILIKI LOGIKA ???

" JANGAN MENCARI TUHAN MELAINKAN DALAM PERSAKSIAN " SEBAGAIMANA TELAH TERKONSEP DALAM DUA KALIMAH YANG SYAH (DUA KALIMAH SYHADAH) BAHWA MANUSIA DENGAN TUHAN-NYA TERHUBUNG DALAM NILAI "SAKSI" MAKA DEMIKAN JUGA KEADAAN BAGI DZAT DIMANA SERING KITA MENDENGAR PERNYATAAA "TENTANG DZAT TUHAN JANGANLAH DICARI". OLEH KARENA ITU JABARAN INI TIDAKLAH MENGARAH KEPADA PENCARIAN DZAT MELAINKAN DALAM " PERSAKSIAN " SEMATA.

Jumat, 27 Februari 2009

DIRI

KAJIAN SEMESTA DIRI

DIRI ADALAH PELAKU HIDUP DAN KEHIDUPAN YANG MENJADI SAKSI ADANYA YANG MAHA HIDUP YAITU DZAT YANG MAHA SEMPURNA DENGAN SEGALA SIFAT, ASMA DAN AF'AL.

DIRI MANUSIA DI KENYATAAN MERUPAKAN HIMPUNAN SEMESTA DIRI MEMILIKI HIMPUNAN BAGIAN YANG BERANGGOTAKAN DIRI BENDANI, DIRI NABATI, DIRI HEWANI DAN DIRI INSANI. DIRI MANUSIA DIKATAKAN SEBAGAI DIRI YANG PALING SEMPURNA DARI DIRI MAKHLUK LAINNYA DAPAT DIPAHAMI MELALUI TINJAUAN ATAS SIFAT SIFAT HAKIKI YANG TELAH DIAMANAHKAN ALLAH KEPADA DIRI SETIAP DIRI YANG MENJADI MAKHLUKNYA.

SEBAGAI MAKHLUK YANG PALING SEMPURNA MANUSIA BERKADAAN UNIK, KOMPLEKS DAN RUMIT BAGAIKAN SEBUAH RAHASIA YANG BANYAK MENYIMPAN HIPOTESA DAN MENARIK UNTUK ANALISA. MANUSIA ADALAH OBJEK YANG MAMPU BERTINDAK SEBAGAI SUBJEK KARENA WUJUD MANUSIA MERUPAKAN SARANA BAGI ALLAH DALAM MENYAMPAIKAN PESAN PESANNYA SEHINGGA DALAM DIRI MANUSIA BANYAK TERUKIR KESAN KESAN YANG MENJADI AYAT AYAT NYA.

DALAM DIRI MANUSIA TERSIMPAN RAHASIA TUHANNYA SEHINGGA PADA SETIAP DIRI MEMILIKI PELUANG UNTUK MENCAPAI TUHANNYA YANG MENJADIKAN DIRI MAMPU NAIK MENJADI SAKSINYA DAN BERPELUANG MENJADI UTUSANNYA DALAM KONSEP PERSAKSIAN ADANYA.

KONSEPLAH DIRI SELAMA JIWA MASIH DI DUNIA ! UNTUK MENGGAPAI WUJUD DIRI DI KEHIDUPAN AKHIRATNYA DENGAN BERPEGANG TEGUH PADA HUKUM UTAMA SEBAB MUSABAB YANG MENJADI SUNNAHNYA.
HAL DIRI HARUSLAH MENJADI MASALAH YANG UTAMA UNTUK DIPAHAMI, DIMENGERTI DAN DIKAJI KARENA DIRILAH PERAN UTAMA DARI HIDUP YANG MEWARNAI KEHIDUPAN DARI DUNIA SAMPAI AKHIRATNYA.

DIRI SETIAP DIRI MANUSIA TELAH MENJADI SEBUAH KE-AKU-AN PRIBADI, PRIBADI YANG MEMILIKI TANGGUNG JAWAB PENUH SEBAGAI PEMIMPIN DIRI. DALAM DIRI BANYAK DIRI DIRI YANG HARUS DIPAHAMI DAN DIMENGERTI.

DIRI MANA YANG HARUS DI AKUI SEBAGAI DIRI YANG MENJADI SEBUAH KE-AKU-AN SEJATI DIRI YANG DEKAT DISISI ILAHI RABBI.

MARILAH KITA BANGUN DIRI SEJATINYA DIRI DALAM SETIAP DIRI AGAR BERDIRILAH DIRI INSANI YANG KAMIL. DIRI YANG MENGARAH KEPADA ILAHI RABBI YANG MENYENTUH RUH RABBANI DI WILAYAH MAKHRIFAH AGAR DAPATLAH BERMULA AGAMA DALAM DIRI.

KINI SAATNYA KITA MENDEWASAKAN DIRI DALAM BER-TUHAN AGAR TERBANGUN AGAMA DALAM DIRI YANG CAHAYANYA MAMPU MENERANGI ALAM KEHIDUPAN MAKA BERJALANLAH.

SEJAUH MANA DIRI BERJALAN, SEJAUH ITULAH AGAMA DALAM DIRI DAN JIKA DIRI TAK BERJALAN MAKA JANGANLAH BERANI MENGAKU DIRI TELAH BER-AGAMA.DAN JIKA DIRI BERHENTI DIPERJALANAN JANGANLAH KATAKAN ITU TUJUAN AKHIR PERJALANAN AGAR TIDAK MENJADI SEBUAH AJARAN BAGI ORANG LAIN DAN MENJADI SEBUAH ALIRAN.

ALIRAN HANYALAH SEBUAH BENTUK PERHENTIAN DARI SEBUAH PERJALANAN ORANG YANG TAK SABAR MENANTI GANJARAN.

MARILAH JADIKAN DIRI SEBAGAI PROYEKSI DARI SEGALA BACAAN YANG TERBENTANG.
TETAPLAH BELAJAR MEMANDANG YANG BHINEKA DALAM TUNGGAL DAN MAMANDANG TUNGGAL DALAM BHINEKA.

MARILAH KITA SIKAPI SABDA RASUL : " BARANG SIAPA MENGENAL DIRINYA, NISCAYA MENGENAL IA AKAN TUHAN-NYA"

MARILAH JUGA KITA SIKAPI : " BERMULA AGAMA ITU MENGENAL AKAN ALLAH "

SIKAPILAH SABDA RASUL ITU DENGAN PENGETAHUAN TIGA SERANGKAI (SYARI'AH, HAKIKAH DAN MAKHRIFAH.

JANGANLAH SALAH SATU DIKUATKAN DAN YANG LAIN MENJADI LEMAH DARI PENGETAHUAN TIGA SERANGKAI ITU KARENA KETIGA PENGETAHUAN ITU SALING BERPROYEKSI ADANYA DAN JIKA ITU TERJADI MAKA DIRI AKAN MENGALAMI RASA PALING BENAR SENDIRI DAN BERPELUANG MENYALAHKAN ORANG LAIN TANPA MAMPU MEMBERI KEBENARAN.


KINI, MENGKAJI DIRI ADALAH SUATU KEWAJIBAN BAGI JIWA YANG TELAH DEWASA DAN BER-AKAL KARENA DIRI MERUPAKAN SARANA UNTUK MENGENAL TUHANNYA AGAR DIRI MEMILIKI AGAMA !

BARANG SIAPA MENGENAL AKAN DIRINYA NISCAYA MENGENAL IA AKAN TUHANNYA (SABDA RASUL)

UNTUK APA DIRI DIKENAL ?
MENGENAL DIRI UNTUK DAPAT MENGENAL TUHAN !

UNTUK APA MENGENAL TUHAN ?
MENGENAL TUHAN UNTUK DAPAT NAIK MENJADI SAKSI-NYA
JANGAN MENCARI CARI TUHAN !!!
CARILAH SAKSINYA DALAM PERSAKSIAN

http:\\www.menjemputdiri.blogspot.com