Rabu, 11 Maret 2009

DIRI SECARA SIFAT

SESUNGGUHNYA DIRI YANG MENJADI DIRI DALAM KE-AKU-AN SETIAP PRIBADI BERADA DALAM KEJUJURAN RASA PERCAYA BAHWA DIA BERASAL DARI ALLAH DZAT YANG MAHA SEMPURNA DENGAN SEGALA SIFAT, ASMA DAN AF'AL YANG BERPANGKAT TUHAN. SUATU HUBUNGAN YANG PALING HAKIKI ANTARA DIRI PRIBADI DENGAN TUHANNYA TELAH ADA SEJAK BERMULA ADANYA DIRI DAN HUBUNGAN ITU BERADA DALAM WILAYAH SIFAT TUHAN ITU SENDIRI. KARENA DIRI BERASAL DARI ASAL NYA DIRI MAKA DIRI TELAH MEMBAWA SIFAT DARI ASALNYA DIRI YAITU KANDUNGAN SIFAT ALLAH ITU SENDIRI.

JIKA KATA " DIRI " HANYA SEBUAH KATA SEBUTAN MAKA YANG DISEBUT " DIRI " TIADA LAIN ADALAH "SIFAT "

JIKA PENGERTIAN "DIRI" DIARTIKAN SAMA DENGAN PENGERTIAN "JIWA" ATAU "SUKMA" YANG MENDEKATI PENGERTIAN "ROH" MAKA SELURUH PENGERTIAN ITU AKAN MENGARAH PADA PENUNJUKAN AKAN KEBERADAAN "SIFAT" SEMATA.

PERHATIKAN SIFAT DASAR YANG MENJADI DIRI YAITU SIFAT ALLAH YANG DIAMANAHKAN KEPADA SETIAP MANUSIA APA DAN SIAPA SAJA DIMANA SIFAT ITU NYATA ADANYA DALAM RASA MAUPUN DALAN LOIGIKA ADALAH :

1. SIFAT HIDUP .................(HAYAT)
2. SIFAT KUASA .................(QODRAT)
3. SIFAT KEHENDAK/KETENTUAN ....(IRADAT)
4. SIFAT PENDENGARAN ...........(SAMAK)
5. SIFAT PENGLIHATAN ...........(BASAR)
6. SIFAT PENGETAHUAN ...........(ILMU)
7. SIFAT PERKATAAN .............(KALAM)

INGAT DAN INGAT ! BAHWA KETUJUH SIFAT DASAR ITU BERKEADAAN GHAIB ADANYA. SETIAP MANUSIA DAPAT MERASAKANNYA NAMUN TERKADANG SULIT UNTUK MENGAKUINYA !
SIFAT DASAR YANG GHAIB ITU BERSEMBUNYI DIBALIK JASAD KASAR (JASMANI) YANG KEMUDIAN MENJADI BATHIN-NYA DIRI YANG MENJADIKAN JASAD (RAGA) MELAKSANAKAN KEGIATAN SEBAGAI KEHIDUPAN BAGI BATHIN ITU DENDIRI.

8. KETUJUH SIFAT ITU DIJELASAKAN DENGAN SIFAT KEADAAN TENTANG "ADA" NYA ....(WUJUD)
9. KETUJUH SIFAT ITU DIJELASKAN DENGAN SIFAT KEADAAN TENTANG "SEDIA" NYA ...(QIDAM)
10. KETUJUH SIFAT ITU DIJELASKAN DENGAN SIFAT KEADAAN TENTANG " KEKAL" NYA ..(BAQO)

MAKA GENAP DAN SEMPURNALAH MANUSIA SECARA SIFAT DASAR YANG DENGAN ITU MANUSIA DIPERCAYA OLEH ALLAH UNTUK MENJADI KHALIFAH DI MUKA BUMI SEBAGAI MEWAKILI DIRI ALLAH SENDIRI SEBAGAI PENCIPTA YANG MEMILIKI SIFAT "MAHA" YAITU :

1. SIFAT MAHA HIDUP .......................(HAYYUN)
2. SIFAT MAHA KUASA .......................(QODIRUN)
3. SIFAT MAHA BERKEHENDAK/MENENTUKAN ......(MURIDUN)
4. SIFAT MAHA PENDENGARAN/MENDENGAR .......(SAMI'UN)
5. SIFAT MAHA PENGLIHATAN/MELIHAT .........(BASYIRUN)
6. SIFAT MAHA PENGETAHUAN/MENGETAHUI ......(ALIMUN)
7. SIFAT MAHA PERKATAAN/BERKATA ...........(QALAMUN)

8. KETUJUH SIFAT ITU DIJELASAKAN DENGAN SIFAT KEADAAN TENTANG "ADA" NYA .....(WUJUD)
9. KETUJUH SIFAT ITU DIJELASKAN DENGAN SIFAT KEADAAN TENTANG "SEDIA" NYA ....(QIDAM)
10. KETUJUH SIFAT ITU DIJELASKAN DENGAN SIFAT KEADAAN TENTANG " KEKAL" NYA ...(BAQO)

11. Ke 7 (tujuh) sifat maha itu dijelaskan dengan Sifat keadaan " Berdiri dengan sendirinya "
12. Ke 7 (tujuh) sifat maha itu dijelaskan dengan sifat keadaan " Berlainan dengan segala yang Baharu "
13. Ke 7 (tujuh) sifat maha itu dijelaskan dengan sifat keadaan " ESA "

MAKA GENAPLAH BILANGAN SIFAT WAJIB BAGI ALLAH YANG DENGAN ITU TERBITLAH "ASMA" YANG MENJADI GELAR KEMAMPUAN BAGI ALLAH UNTUK MENYELENGGARAKAN SEGALA HUKUMNYA YANG TERBENTAG DALAM "AF'AL" NYA.

"SIFAT" MELAHIRKAN "ASMA" DAN ASMA MELAHIRKAN "AF'AL"

LALU DARIMANAKAH TERBITNYA SIFAT, ASMA DAN AF'AL ???
TIADA DISANGKAL BAHWA "DZAT" YANG MENJADI DIRI ALLAH ITULAH SEBAGAI ASAL TERBITNYA SIFAT, ASMA DAN AF'AL !!!

DZAT-----SIFAT-----ASMA------AF'AL
DI DALAM DZAT ADA SIFAT, DI DALAM SIFAT ADA ASMA (GELAR KEMAMPUAN) DAN DI DALAM ASMA ADA AF'AL (PERBUATAN/SUNNATULLAH)

JIKA SIFAT BISA DIKENAL LEWAT RASA YANG TERLOGIKA, APAKAH "DZAT" JUGA DAPAT DIRASA DAN MEMILIKI LOGIKA ???

" JANGAN MENCARI TUHAN MELAINKAN DALAM PERSAKSIAN " SEBAGAIMANA TELAH TERKONSEP DALAM DUA KALIMAH YANG SYAH (DUA KALIMAH SYHADAH) BAHWA MANUSIA DENGAN TUHAN-NYA TERHUBUNG DALAM NILAI "SAKSI" MAKA DEMIKAN JUGA KEADAAN BAGI DZAT DIMANA SERING KITA MENDENGAR PERNYATAAA "TENTANG DZAT TUHAN JANGANLAH DICARI". OLEH KARENA ITU JABARAN INI TIDAKLAH MENGARAH KEPADA PENCARIAN DZAT MELAINKAN DALAM " PERSAKSIAN " SEMATA.